ABSTRAK
EKSPERIMENTASI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING
STARTS WITH A QUESTION (LSQ) DAN PREDICTION
GUIDE DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI
(Pada
Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
Riski Aspriyani, A 410 070 201. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2011, 73 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1) perbedaan efek strategi pembelajaran LSQ dan Prediction Guide tehadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan
efek motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi
antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi
belajar matematika. Populasi dalam penelitian
adalah semua siswa kelas VII semester gasal
SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak delapan kelas.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Cluster
random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes
dan metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi
dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada alfa 5%
, diperoleh: (1) ada perbedaan efek antara strategi
pembelajaran LSQ dan Prediction Guide
tehadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 7.339, (2) ada perbedaan efek motivasi berprestasi
siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7.479, (3) tidak ada interaksi antara strategi
pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar
matematika, dengan Fab = 0.0145.
Kata kunci: LSQ,
Prediction Guide, dan motivasi berprestasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar